Rabu, 24 September 2008

MUDIK NYAMAN DALAM PERJALANAN

Mengemudi saat mudik/perjalanan jauh, terkadang membuat punggung terasa penat dan pegal. Mungkin ini juga bisa jadi masalah saat mudik/ perjalanan jauh dengan mobil. Punggung merupakan pusat kelemahan tubuh manusia, karena terhubung ke semua pusat tubuh. Semua syaraf utama ada di situ. Karna itu agar tubuh tetap segar dan nyaman ada beberapa tips yang bisa di lakukan . Sehingga membantu peredaran darah kita selama Mudik.

1. Sebelum Masuk Mobil :

a. Senam ringan sebelum berangkat atau diperjalanan, mampu mengembalikan otot agar lebih lentur dan tidak mudah kejang. Artinya. Semua bagian tubuh, harus distimulus agar tidak tegang.Mulai dari otot hingga otak.

b. Lakukan Peregangan di bagian tangan, kaki, dan leher.

c. Jika saat mengemudi otot mulai terasa kejang atau rasa kantuk menyerang, segera pinggirkan kendaraan dan lakukan senam ringan.

2. Posisi Jok :

a. Sesuaikan dengan postur dan tinggi tubuh, tak perlu lagi ditambah ganjalan. “ Penambah ganjalan akan mengubah struktur jok dan posisi punggung. Mungkin memang terasa nyaman , tapi belum tentu sehat. Terlebih untuk perjalanan jarak jauh. ( kata dr. Aviandy Sukarto,Msc. Sp.KP, ahli chronosonic ultrasound therapy (terapi syaraf)).

b. Atur ketinggian jok sesuai dengan kenyamanan pandangan.

3. Posisi Setir :

a. Harus Pas, pilih kendaraan dengan ketinggian setir yang pas atau bisa disetel sesuai postur. Jangan sampai kelewat tinggi harus mendongak atau terlalu rendah sehingga mesti menunduk. Karena posisi itu dalam waktu mengemudi yang lama , tidak bagus buat syaraf leher. Bisa menyebabkan gejala pusing dan pegal.

4. Posisi Duduk dan memegang kemudi :

a. Atur posisi duduk senyaman mungkin sambil kedua tangan memegang kemudi . Geser kursi hingga siku membentuk sudut 90 drajat. Tujuannya mendapat daya pandang terbaik melihat mobil dan lingkungan sekitar. Pegang kemudi yang benar berpengaruh pada kesigapan mengantisipasi keadaan.

b. Untuk mendapat posisi yang tepat, putar setir terlebih dahulu. Belok kea arah kanan , tangan kanan berada tepat di jam 12 dan kiri jam 6, begitu juga sebaliknya. Saat memegng setir, jari tidak boleh masuk terlalu ke dalam lngkar kemudi. Posis idial di jam 9 dan 3 .

Selamat bersiturahmi dengan keluarga di kampong halaman. Selamat Mudik semoga selamat sampai tujuan. Semoga tips Mudik ini bermanfaat.

Mudik! mudik! mudik! mudik! mudik!mudik!mudik! mudik! Mudik! Mudik!!!!!

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda